Cerita dari SD Pelesiran

Posted on Updated on

*Wah, bukan cerita juga sebenarnya. Ini kejadian nyata yang terjadi namun lupa-lupa ingat sehingga ada beberapa bagian yang mungkin ditambah penulis*

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

SD Pelesiran?

 

Mungkin terlihat dari luar, SD ini terlihat kurang mampu. Namun, setelah melihat ke dalam. Bisa dibilang cukup bagus SD-nya. Alhamdulillah kalau begitu.

 

Ya, Anda benar!

Saya sedang menceritakan sebuah acara. Acara apa itu?

Baca dulu aja.. hehe

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Bang Dinara, dan Bang Dhimas. Bang Galih pun sudah mulai mendokumentasi kegiatan. Selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Aziz. MC pun menjelaskan pada adik-adik SD apa yang akan kita lakukan di sana. Mereka pun seingat saya menghimbau adik-adik SD untuk tetap tenang dan menyimak.

 

Setelah perkenalan, dan lain-lain, kita mulai memasuki sesi materi. Alhamdulillah sesi ini diisi oleh Ketua Gamais langsung yakni Kak Bambang Tressando. Untuk memanggil Kak Bambang, adik-adik SD ini pun diminta MC untuk memanggil, “Kak Baambaaaang…” satu kali. Kemudian, “Kak Bambaaang…..” kedua kali. Entah adik-adik tersebut sudah memanggil berapa kali, yang jelas Kak Bambang baru saja datang, dan langsung masuk “arena”.

 

Tentu Kak Bambang memulai materi dengan tak lupa mengucapkan syukur pada Allah swt. dan shalawat pada Rasulullah saw. Bisa dibilang ini memang materi. Materi tentang syukur, satu hal yang saya ingat adalah bahwa “Bersyukur itu dengan menggunakan hati, lisan, dan perbuatan.” Adik-adik pun meng-iya-kan. Selain itu, ada kisah juga yang disampaikan oleh Kak Bambang, kisah pemecah batu yang ingin jadi orang kaya, lalu jadi matahari, awan, angin, gunung, hingga pemecah batu lagi. Mungkin teman-teman sudah mendengar kisah ini. Tapi yang penting, adik-adik sangat antusias mendengar kisah ini. Oya, di akhir materi, Kak Bambang pun mengajak adik-adik untuk mengikuti apa yang dia katakan. (Tapi bukan hipnotis ^^). Kak Bambang meminta adik-adik memilih pasangan, kemudian seseorang menjadi Umar, dan yang lain menjadi Utsman. Adik-adik itu pun diminta mengikuti perkataan dan perbuatan yang diperintah, yakni “Taruh tangan adik-adik di pundak Utsman, kemudian katakan…..”. Sangat panjang sebenarnya perkataan itu. Tapi yang saya ingat, bahwa intinya adalah mengajak Umar dan Utsman untuk saling berjanji dan mengingatkan untuk senantiasa bersyukur, senantiasa belajar, untuk menjadi lebih baik. Dan Adik-adik pun terlihat senang, walaupun ada yang mengobrol dan agak ribut, tapi yaa.. anak-anak.

 

Selanjutnya, adik-adik diminta bermain game. Game ini dibimbing oleh Kakak-kakak akhwat, seperti Ririn, Tri, dan Thifa, juga peramai acara yaitu Muldani. Game ini mungkin disebut “3 takbir”, mirip dengan “7 up”. Jadi tiap anak menyebut angka dari 1,2,dst. Namun, setiap ada angka 3 dan kelipatannya, harus berdiri lalu takbir , “Allahu Akbar!”. Adik-adik yang salah sebut pun diminta untuk baris di depan, dan diminta menyanyi. Setelah itu mereka diberi hadiah. Hm.. Adik-adik SD yang tadi duduk pun sedikit kecewa, mereka bilang “Loh, kalau tau gitu, mending disalahin aja tadi, biar dapet jajan.” Yaa.. bingung kami menanggapinya. Karena sudah terjadi, ya sudahlah..

 

Setelah games, adik-adik diperlihatkan video Rubel dengan tambahan penjelasan dari Bang Alam. Penjelasannya tentang isi video-nya. Untuk menyambung juga materi yang sudah disampaikan Kak Bambang, bahwa seseorang haruslah senantiasa bersyukur dengan apapun keadaannya saat ini. Harapannya adik-adik tersebut bisa melihat realitas yang ada, dan mau lebih bersyukur dengan semakin rajin shalatnya, dan juga belajarnya. Mereka cukup tenang saat menonton. Ya, begitulah ternyata anak-anak senang menonton film. Walaupun akhirnya mereka malah meminta film lain, katanya film yang tadi bikin sedih. Wah, polosnya seorang anak.

 

Setelah film tadi, kita mulai penjelasan G1000B pada adik-adik oleh Azis Hakim. Kemudian dilakukan penyerahan simbolis pada guru yang bersangkutan.

Kemudian penutupan oleh MC, dan selesai. Alhamdulillah.

==================================

 

Begitulah pemberian 100 buku di SD Pelesiran. Walaupun ternyata kelas-kelasnya sudah terlihat baik dan rapi, tapi sebenarnya beberapa anak-anak yang bersekolah di sana tergolong kalangan menengah ke bawah. Lagipula tidak ada salahnya untuk berbagi senyum dengan anak-anak, dan berbagi ilmu dengan mereka. Dan alhamdulillah berjalan lancar.

 

Semoga acara kali ini bermanfaat bagi semua, dan semoga buku-buku yang diberikan pun dapat bermanfaat bagi adik-adik tersebut maupun gurunya.

 

Aamiin ^^

 

Maka dari itu, kami pun menginginkan untuk melakukan program yang kurang lebih serupa dengan acara tadi. 100 buku berikutnya insyaAllah untuk SD di Soreang, namun SD kali ini ingin dilakukan kegiatan berbarengan dengan syukuran kelulusan mereka. Sehingga kemungkinan besar, tidak bisa dilakukan kegiatan seperti sebelumnya. *bingung juga.

 

Tapi, sebenarnya ada yang lebih penting.

 

Bukunya itu sendiri. Alhamdulillah status buku sekarang sekitar 100an, cukup untuk SD di Soreang. Namun, bagaimana 8 SD yang lain? Berarti 800 buku lagi? Subhanallah..

 

Bantulah kami ya Allah untuk mendapatkan buku-buku ini. Bantulah kami dalam mengumpulkan buku ini.. Jika itu memang baik, maka mudahkanlah..

 

Teman-teman dapat membantu menyumbang buku dengan menghubungi, CP: Azis (085220293460); Uli (085220422404). SMS salah satu dari mereka ya. Ditunggu hingga 3 Juli 2011.

 

Terima kasih ^^

 

*info: ini adalah Gerakan 1000 Buku, rangakaian acara Gerakan Edukasi Mahasiswa ITB 2011 yang diorganisasi oleh Gamais ITB 2010. Bagi yang ingin membantu menyebar informasi, ikut propaganda, silakan saja sebar note ini. Atau buat propaganda yang lebih ‘wah’. Oke? ^^

– Gerakan ini adalah gerakan untuk mengumpulkan 1000 buku untuk dibagikan pada 10 sekolah dasar yang membutuhkan, jadi masing2 dpt 100 buku. InsyaAllah jika sdh terkumpul bukunya.

– buku yang dibutuhkan buku SD, buku cerita Islam, dan buku pengetahuan umum

– target SD berada di Ciwidey, Soreang, Bandung, dan Garut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s