Ilmu Berbanding Lurus dengan Hikmah

Posted on

Bismillahirrahmanirrahim.

Allah memberikan kemampuan pada seseorang untuk mengambil hikmah dari tiap kejadian. Dan kemampuan itu sepertinya semakin besar seiring dengan ilmu yang ia miliki.

Alkisah ada seorang pemuda yang hidup sedikit tidak teratur.

Makan tidak teratur, kamar yang tidak rapi, manajemen waktu yang buruk. Dia termasuk orang yang teledor dan ceroboh.

Suatu ketika dia kehilangan sandal. Dia merasa itu sudah biasa, dia bahkan pernah kehilangan sepatu, pakaian, handphone, bahkan tablet PC. Baginya itu sudah biasa. Dia berharap agar pencurinya diberikan kesadaran dan segera bertaubat. Dia berharap segala kehilangan yang ia alami bisa menjadi penghapus dosa baginya.

Tapi ketika temannya tahu tentang kisahnya ini, ia mengatakan,

“Wah, ini bisa jadi peringatan buat kamu. Peringatan karena kamu sepertinya kurang menjaga barang-barang dengan baik, kurang rapi, dan terkesan tidak peduli. Mungkin ini peringatan dari Allah agar kamu bisa jadi lebih rapi dan teratur.”

Pemuda itu pun kaget, ia tidak pernah memikirkan itu sebelumnya. Dia pun memohon ampunan Allah, dan mulai menjadi orang yang lebih baik, rapi, dan teratur.

Ya, begitulah kisah singkat.

Sebuah bukti bahwa hikmah yang dipetik oleh seseorang mungkin berbeda dengan hikmah yang didapat orang lain. Dan sepertinya hal itu dibarengi juga dengan ilmu yang dimiliki seseorang. Karena itu terkadang kita perlu untuk saling berbagi hikmah dan pelajaran. Untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.

Hikmah tambahan dari saya, sepertinya kita juga harus lebih sering melihat pada diri sendiri, bukan terus pada orang lain. Lihat kesalahan pribadi jauh lebih besar. Mulailah dengan introspeksi diri.

Wallahu’alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s