Ceritanya Kuliah Lapangan

Posted on Updated on

Tribute to Akuades

Bismillaah.

Oke. Ini sangat terlambat baru di-post sekarang, tapi saya sudah janji sebelumnya ingin membuat tulisan tentang kuliah lapangan ini. Jadi, selamat membaca!

***

Hari ini tanggal 27-28 April 2013, kami peserta kuliah Kimia Lingkungan melakukan kegiatan kuliah lapangan ke Segara Anakan, Majingklak di daerah Cilacap. Beberapa hal tentang suasana di sini: panas | terik | sedikit angin. Kegiatan kuliah lapangan ini sendiri dilakukan per kelompok, masing-masing kelompok dibagi menjadi dua tim: tim sampling air dan tim uji. Tim sampling adalah anggota kelompok yang menaiki perahu untuk kemudian mengambil sampel air dari danau/waduk/segara. Menurut penuturan teman-teman yang menjadi tim sampling,

Arusnya tinggi, ambil sampel sulit.

Ya begitulah. Sedangkan tim uji, termasuk saya adalah yang menguji sampel air tersebut, yang diuji adalah alkalinitas, pH, konduktivitas, dsb. Komentar yang terlintas,

Jauh-jauh ke sini, tetap saja titrasi.

***

NAH.
Jadi, sebetulnya hanya segitu saja kisah kuliah lapangannya karena sisanya adalah jalan-jalan. Rombongan kemudian menuju tempat wisata Pangandaran. Kami pun menghabiskan sisa waktu di Pangandaran. Ada yang bermain di laut (banana boat, dll), ada yang bermain sepeda, ada juga yang bahkan tertidur di kamar karena kelelahan.

Saat malam hari diadakan semacam makrab. Hal yang luar biasa adalah: saya mendapatkan kejutan dari Akuades (Kimia ITB 2010). Kejutan itu adalah sebuah handphone :’D

Antara senang, kagum, bingung, sedih, kok bisa. Tapi ini jadi pengingat untuk saya agar bisa menjalankan amanah ini dengan lebih baik.

Lihat hape ini, ingat Akuades.

***

Di malam ini pun saya diingatkan kembali, bahwa ada banyak masalah dan jangan sampai saya tidak tahu ada teman saya yang sedang kesulitan, ada teman saya yang sedang menderita, kemudian saya hanya diam saja. Astaghfirullah. 

Masalah itu akan selalu ada selama kita hidup di dunia. Masalah setiap orang berbeda. Jangan merasa masalah kita paling besar, masih banyak orang lain dengan masalah yang jauh lebih besar. Tapi yakinlah, insyaAllah setiap masalah ada jalan keluarnya, tugas kita adalah berusaha dan berdo’a.

Teringat quotes seseorang,

Jika merasa masalahmu sangat banyak, lihatlah ke langit. Hadapkan wajahmu ke sana. Lihat langit Allah yang begitu luas. Kamu pun akan merasa bahwa masalahmu sebenarnya kecil. Sekecil dirimu yang sebenarnya tidak lebih dari sebuah titik di dunia yang amat luas.

***

Pagi hari. Shubuh tepatnya. Saya melihat salah seorang teman saya yang membangunkan teman-teman yang lain. Membangunkan untuk shalat shubuh. Ada yang langsung bangun, ada juga yang tidak bangun-bangun. Tapi hal ini membuat saya teringat bahwa tugas kita pun di dunia untuk saling mengingatkan. Saling mengajak kepada kebaikan. Hal sederhana: mengajak untuk shalat. Tapi sudahkah saya saling mengingatkan? atau lebih banyak saya lalai? Akuades adalah keluarga terdekat di Kimia. Lalu apa yang selama ini saya lakukan?

***

Menjelang siang, ke luar kamar, melihat interaksi di antara kita semua. Saya merasa seperti tinggal di sebuah komplek dengan semua tetangganya adalah Akuades. Lucu juga ya. Jika suatu saat tinggal bersebelahan seperti ini.

Sepanjang pagi hingga siang pun saya mencoba-coba HP Majingklak ini (sebutan untuk HP ini :p). Berikut hasil foto-fotonya.

2013-04-28 06.26.27 2013-04-28 06.48.25 2013-04-28 08.21.06 2013-04-28 08.22.00 2013-04-28 08.58.45

Kemudian selesai.

Terima kasih semuanya. Terima kasih Akuades. Terima kasih Siswanto (Ketua Kulap) atas kerja kerasnya. Semoga masih senang sampai sekarang! 😀

***

Di perjalanan pulang, diiringi lagu Sherina,

Betapa.. bahagianya.. punya banyak teman.. betapa senangnya.

Ya. Sedikit melankolis.

***

Saya berharap kita bisa terus berteman, bersahabat, bersama-sama, hingga ke Surga. Aamiin

🙂

8 thoughts on “Ceritanya Kuliah Lapangan

    모함마드 소임 said:
    18 July 2013 at 07:21

    대박 아람아..

      firdhacahyaalam responded:
      18 July 2013 at 07:32

      sarangheyo hamsa hamida cinggu cinggu *asal ngomong* 😀

        soim said:
        20 July 2013 at 07:46

        Lam, yang bener saranghaeyo chingudeul gamsahamnida.. hahaha
        rupa2nya si alam mau merebut award aku nih… hahahhaha

    Fani Meilisa Rachman said:
    18 July 2013 at 14:38

    Terimakasih Alam, ketua angkatan yg luarrrrrrrrrrr biasa 😀

    firdhacahyaalam responded:
    18 July 2013 at 21:50

    berlebihan Fani ._.

    inin said:
    18 July 2013 at 22:21

    coba cari tau lam artinya apa… hag hag

      firdhacahyaalam responded:
      19 July 2013 at 05:44

      “Oh Aram Jackpot” <– dari google translate -.-

        soim said:
        20 July 2013 at 07:49

        haaa??? kok jackpot?

Leave a Reply

