Celotehan tentang TA

Posted on

Tiba-tiba ingin menulis setelah sekian lama.
Saya tulis di sini sebagai pengingat terutama untuk diri sendiri dan semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Sedikit bercerita tentang topik Tugas Akhir (TA) saya. TA saya mencoba untuk mensintesis material yang dapat digunakan sebagai hydrogen storage. Hydrogen storage artinya penyimpanan hidrogen. Mengapa hidrogen harus disimpan? Ya tentu perlu, untuk kemudian dikonversi agar menghasilkan bentuk energi lain.
Jika menggunakan tangki akan membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpan hidrogen *lihat saja tangki gas*, maka dari itu dicari berbagai jenis material yang dapat mengadsorpsi hidrogen tetapi ruang yang dibutuhkan lebih sedikit tetapi jumlah hidrogen yang ‘ditampung’ bisa banyak.
Namun TA saya lebih fokus untuk mensintesis material penyimpan hidrogen dengan laju adsorpsi-desorpsi yang lebih baik.

Tak perlu lebih jauh bahas tentang TA saya. Yang ingin saya ceritakan adalah pada saat group meeting, seperti biasa saya melaporkan progress TA saya. Dan yang saya laporkan adalah karakterisasi BET (untuk menghitung luas permukaan) yang masih belum berhasil. Dan ini sudah ketiga kalinya belum berhasil.

Yang menarik adalah komentar beliau.
Beliau mengatakan ini dengan nada bercanda sebenarnya, karena memang karakter beliau seperti itu. Tapi apa yang beliau katakan?

“Kamu dosa apa Lam?”

Lalu beliau melanjutkan,

“Sepertinya harus tahajud setiap hari ini biar berhasil.”

Beliau mengatakan itu pun dengan nada bercanda. Sambil tersenyum tertawa bahkan.

Tapi…

Itu sangat dalam menghujam bukan?
#jleb

Dan ya, mungkin itu salah satu faktor utama belum berhasilnya karakterisasi tadi ataupun TA saya saat ini.
Faktor do’a, faktor kedekatan kita pada Allah SWT. #jleblagi

Semoga menjadi bahan renungan untuk kita semua.
image

7 thoughts on “Celotehan tentang TA

    rahmattrans said:
    5 March 2014 at 18:31

    Bagus juga cara pembimbingnya kasih wejengan… πŸ™‚

      firdhacahyaalam responded:
      5 March 2014 at 19:12

      Wah Pak sy kenal kah? πŸ™‚ Terima kasih sdh berkunjung

      firdhacahyaalam responded:
      5 March 2014 at 19:14

      Haha. Oya apakah sy kenal Bapak? Terima kasih sdh berkunjung πŸ™‚

        rahmattrans said:
        5 March 2014 at 19:45

        Hehe .. πŸ˜€ belum… kita belum saling kenal. Salam kenal saja πŸ™‚

        firdhacahyaalam responded:
        7 March 2014 at 06:07

        Oke Pak. Sy Alam

    hafidzalhaq said:
    13 May 2014 at 14:56

    gambar yg paling bawah bagus banget lam πŸ™‚

      firdhacahyaalam responded:
      13 May 2014 at 14:58

      haha. gambar itu ada dimana-mana fidz :p

Leave a Reply

