Hidayah

Posted on Updated on

image

Bismillah

Semoga para pembaca sedang dalam keadaan sehat dan semangat yang membara karena baru saja memasuki bulan Ramadhan 🙂

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang hidayah. Seperti kita tahu bahwa hidayah merupakan petunjuk dari Allah. Petunjuk dari Allah agar bisa memilih jalan yang benar. Hidayah pun merupakan sesuatu yang mahal karena merupakan karunia dari Allah dan tidak semua orang mendapatkannya begitu saja kecuali atas izin Allah.

Fenomena yang penulis lihat saat ini di sekitar penulis adalah banyaknya orang yang mendapatkan hidayah melalui jalan yang tidak terduga. Ada pula malah orang yang tidak mengikutinya lagi dan berbelok ke jalan yang salah.

Misalnya saja, banyak di sekitar penulis orang yang sekarang memakai jilbab padahal dulu tidak, atau yang dulu jilbabnya belum sempurna sekarang menyempurnakannya. Ada lagi teman penulis yang tadinya tak terlihat di masjid, kini sekarang selalu terlihat di masjid bahkan di shaf-shaf terdepan. Ketika dicari tahu alasannya, ternyata beragam. Ada yang karena temannya, mentornya, suatu acara, atau momen tertentu yang dia alami.
MasyaAllah. Luar biasa memang hidayah yang Allah berikan

Namun, hidayah pun bisa pergi atau kita tak mengikutinya. Misalnya, di sekitar rumah penulis terdapat seorang anak yang sejak kecil selalu memakai kerudung, mungkin karena didikan keluarganya yang islami. Namun, belakangan dia melepas kerudungnya karena masalah pekerjaan yang menuntut dia melepas kerudungnya.
Astaghfirullah.

Maka dari itu, sudah seharusnya kita terus berdo’a memohon hidayah dari Allah agar kita bisa mendapat petunjuk-Nya dan tergerak untuk mengikuti petunjuk-Nya. Selain itu, kita pun tidak boleh menghakimi orang lain yang mungkin belum mendapatkan hidayah. Kita sebaiknya mendo’akannya, dan mungkin kita dapat menjadi jalan hidayah baginya.

Bulan Ramadhan ini dapat dikatakan sebuah momentum kita untuk memperoleh hidayah, berdo’a semaksimal mungkin agar kita mendapat hidayah-Nya. Momentum perbaikan diri yang terjadi secara masif. Mari sama-sama kita maksimalkan ikhtiar kita dalam mengisi bulan Ramadhan ini untuk memperoleh hidayah dan ampunan dari Allah SWT :’)

Wallahu a’lam

Baca lebih lengkap:
http://muslim.or.id/tazkiyatun-nufus/sebab-datang-dan-hilangnya-hidayah-allah.html
http://muslim.or.id/tazkiyatun-nufus/makna-dan-hakikat-hidayah-allah.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s