Persahabatan ala Naruto

Posted on Updated on

Pernah melihat anime Naruto?

Saya akan sedikit membahas tentang persahabatan yang dialami Naruto. Mungkin bagi pembaca yang belum pernah menonton Naruto sama sekali akan sedikit kebingungan, mohon dimaafkan. Hehe

***

Seperti yang kita tahu, Naruto mempunyai sahabat yang dia anggap sebagai sahabat terbaiknya. Naruto menganggap Sasuke sebagai sahabat pertamanya dan sahabat terbaiknya karena kemiripan masa lalu yang kelam dan juga kesendirian yang dialami. Persahabatan mereka dimulai ketika mereka bersama berada di dalam Team 7 dengan Sakura dan Guru Kakashi. Persahabatan mereka pun semakin erat seiring berjalannya waktu. Namun, ketika Sasuke memutuskan untuk mengikuti dendamnya, dia berubah. Sasuke seperti kehilangan arah, dia memutuskan pergi dari desa, mengikuti Orochimaru, dan bahkan menjadi seorang kriminal.

Tetapi apa yang dilakukan Naruto?

Naruto tetap menganggap Sasuke sebagai sahabat terbaiknya, dia terus mencari dimana Sasuke berada, dan berusaha menyelamatkannya. Bahkan jika itu berarti harus mengalahkannya dalam pertarungan layaknya seorang shinobi. Naruto tidak menyerah dan memiliki keyakinan dalam hatinya bahwa Sasuke bisa berubah dan kembali ke jalan yang benar.

Saya sedikit heran dan takjub dengan apa yang dilakukan Naruto. Muncul pertanyaan-pertanyaan dalam benak saya,

Jika kita mengalami hal yang sama, kita menjadi orang yang tersesat dan kehilangan arah, adakah sahabat yang mau repot-repot mengingatkan dan berusaha meluruskan kita kembali?

Atau

Jika kita memiliki sahabat yang kehilangan arah, apakah kita sanggup berprasangka baik seperti Naruto dan terus optimis?

***

Selain persahabatan Naruto dengan Sasuke, saya juga ingin menyoroti persahabatan antara Naruto dan Gaara. Lagi-lagi karena kesamaan nasib, persahabatan ini bisa terbentuk. Gaara yang hidup dalam kebencian dan kesedihan tergerak hatinya melalui Naruto. Bisa dikatakan Naruto menjadi jalan hidayah bagi Gaara ke jalan yang benar.

Nah, jika kita refleksikan, apakah kita sudah bisa seperti itu?

Apakah keberadaan kita sudah menjadi jalan kebaikan bagi orang lain?

Apakah kita pernah menjadi jalan hidayah seseorang?

Atau justru keberadaan kita malah membuat orang lain merasa lebih buruk?

***

Sebenarnya masih banyak pelajaran tentang persahabatan yang diajarkan dalam cerita Naruto, tetapi saya hanya menampilkan dua cerita saja yang bagi saya begitu berkesan. Pelajaran tentang persahabatan yang lainnya seperti menjaga teman, kebersamaan akan membawa kekuatan, keinginan untuk melindungi orang yang disayangi akan menambah kekuatan, mendahulukan kepentingan sahabatnya dibandingkan diri sendiri, dan masih banyak lagi, juga diceritakan dalam kisah hidup Naruto dengan beragam permasalahan di dalamnya.

Selain tentang persahabatan, ada sangat banyak pelajaran hidup lain yang bisa kita petik dari cerita Naruto. Namun, saya merasa mungkin akan lebih lengkap jika ada nilai-nilai keislaman ditambahkan di cerita Naruto. Misalnya, dijelaskan tentang itsar, ukhuwwah Islamiyah, bergantung dan berharap hanya pada Allah, keikhlasan, kekuatan do’a, dan sebagainya. Ya, intinya mengaitkan segala sesuatu dengan Allah. Beuh makin keren pasti. Haha. Pendapat pribadi, karena saya seorang muslim 😀

Tetapi cerita tetaplah cerita. Sebuah kisah persahabatan yang sebenarnya yang saya selalu saya kagumi adalah kisah Kaum Muhajirin dan Anshar. Bagaimana itsar atau mendahulukan kepentingan saudaranya dibanding dirinya sendiri benar-benar dilakukan, dan ini nyata pernah terjadi bukan hanya sebuah cerita. MasyaAllah. Bisakah kita seperti mereka?

Itu baru Kaum Muhajirin dan Anshar, bagaimana dengan akhlak Rasulullah kepada para shahabatnya? Sampai-sampai setiap orang merasa kalau dia-lah orang yang paling dekat dengan Rasul dibandingkan yang lain, saking baiknya Rasul pada setiap orang. Ah masyaAllah, semakin terasa seperti butiran debu awak ini.

***

Scheduled publish: 8 Juli 2015, 21 Ramadhan 1436 H
Karena hikmah itu bertebaran dimana-mana.
*efek nonton Naruto sebelum Ramadhan*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s