Satu Bulan Pertama di S2 TL ITB

Posted on Updated on

Sudah kurang lebih satu bulan saya berkuliah di S2 Teknik Lingkungan ITB. Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi beberapa hal menarik yang saya dapat dari minggu-minggu awal saya berkuliah di sini.

  1. Saya jadi sadar bahwa ilmu yang kita miliki itu sangatsedikitsekali. Ada sangat banyak hal di dunia ini yang tidak kita ketahui dan rasanya kita tidak mungkin sanggup mengetahui semua ilmu tersebut. Hal ini terlintas di benak saya karena saya belajar hal-hal baru yang tidak saya ketahui sebelumnya. Saya merasa seperti bungkus ciki yang tidak tahu menahu tentang istilah-istilah yang ada di TL. Misalnya saja, sebelumnya saya masih suka tertukar yang mana hulu dan hilir sungai (wkwk – kacau), saya tidak tahu perundang-undangan tentang lingkungan, saya tidak tahu tentang baku mutu, jenis pengolahan limbah, dan lain sebagainya. Tapi toh sekarang ini saya berkuliah di TL, maka cepat atau lambat saya seharusnya akan mengetahui tentang hal-hal tersebut. Namun, di luar sana pun ada banyak orang yang belajar hal lain yang tidak kita ketahui. Semakin sedikiiit rasanya ilmu yang kita tahu.
  1. Mahasiswa S2 TL berasal dari latar belakang keilmuan S1 yang berbeda. Ada yang asli S1 TL, ada yang dari jurusan sains seperti Kimia, Biologi, Mikrobiologi, Meteorologi, ada juga yang dari Teknik Sipil, Teknik Kimia, bahkan Planologi sampai Pertanian. Benar-benar beragam. Ketika proses belajar-mengajar, kami diajak berpikir bahwa kita butuh orang dari berbagai ahli, kita tidak bisa mengandalkan ilmu yang kita miliki saja, kita perlu bekerja sama. Tetapi ketika kita sudah menjadi seorang environmentalist, berpikir dan bertindaklah layaknya environmentalist.
  1. Ketika kami kuliah di dalam kelas, kami seperti dilatih untuk bertanggung jawab dengan latar belakang keilmuan yang sudah kami miliki. Di kelas sering sekali ditanya “Mana anak kimia? Coba jelaskan tentang blablabla.”, “Di sini ada yang dari biologi? Coba apa maksudnya blablabla..”. Dan “beruntungnya, saya satu-satunya anak kimia di kelas TML*. Jadilah saya sasaran empuk untuk ditanya dosen jika ada topik berkaitan dengan kimia. Agak beban, apalagi jika saya tidak bisa menjawab pertanyaan. Haha.
  1. Saya bertemu dengan dosen yang keren banget. Bahkan saya sempat berpikir untuk langsung bertemu beliau selepas kelas dan mengajukan diri agar jadi anak bimbingannya. Haha. Tapi niat itu saya urungkan karena itu baru pertemuan pertama.
  1. Dan lain-lain 😀

===

*Sebagai informasi, S2 TL dibagi menjadi tiga jalur. Jalur ini sebetulnya membagi kita dalam metode penelitian yang akan kita lakukan. Jalurnya adalah:

  1. TML (Teknologi dan Manajemen Lingkungan)
    Membuat pemodelan lingkungan, membuat sistem, valuasi, dan manajemen lingkungan.
  1. PPP (Pengendalian dan Pencegahan Pencemaran)
    NgeLab. Mendesain reaktor. Proses dalam pengolahan. Anak TL banget.
  1. KKL (Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan)
    Memperhatikan aspek manusianya di dalam lingkungan, dari segi kesehatan dan keselamatan.

Dan saya memilih jalur TML. Hehe.

Mohon do’anya agar ilmu yang kami dapatkan bisa diaplikasikan di masyarakat 🙂

===

Magister TL ITB 2015
Magister TL ITB 2015
15 thoughts on “Satu Bulan Pertama di S2 TL ITB

    Ahmad Haris Muhtar said:
    24 September 2015 at 17:01

    Wiih, ngeri ngeri sedap nih… Semangat akhi Alam 🙂

      firdhacahyaalam responded:
      24 September 2015 at 18:23

      Wah ada kang haris.
      Nuhun kang. *sungkem*

    indarto matnur said:
    28 September 2015 at 11:51

    Asik S2 Lingkungan euy.
    Dingin dingin ganteng kitu euy lam di teknik lingkungan 🙂

      firdhacahyaalam responded:
      28 September 2015 at 19:50

      Haha naon atuh To.
      Mohon doanya bro semoga berkah 🙂

    Zainab Nururrohmah said:
    7 October 2015 at 19:38

    Alan semangaattt teteh juga lintas jueusan dari Arsi ke S2 Plano, dan bener banget ini yang kamu tulis teteh rasain semua tapi ngerasa bersyukur dan seneng banget, belajar itu menyenangkan! Selamat menuntut ilmu Alam

      firdhacahyaalam responded:
      9 October 2015 at 21:53

      iya alhamdulillah, makasih Teh. semangat jg Teh di plano! Baru tau sy. Hehe

    Littlestar said:
    11 October 2015 at 12:18

    Haghag.. Nasib anak kimia lam.. Dikit2 berhubungan dg kimia, kita seakan harus bisa mnjawab. Haghag

    Btw lam, klo ada ilmu2 gitu, coba dishare ke masyarakat biar kita2 jg pada tau :p

    Mangatz!

      firdhacahyaalam responded:
      11 October 2015 at 15:22

      Hehe nuhun tik. Mohon doanya weh

    hafidzalhaq said:
    9 January 2016 at 04:00

    ane juga masih suka ketuker hulu-hilir lam sampe sekarang. hahaha…

      firdhacahyaalam responded:
      9 January 2016 at 05:34

      Wih dikomen orang sweden, kemane aje pak

        hafidzalhaq said:
        9 January 2016 at 06:08

        ampun spirr… pengen jagung manis dong 😦

        firdhacahyaalam responded:
        11 January 2016 at 01:20

        ane jg dah lama ga makan jagung manis

        hafidzalhaq said:
        11 January 2016 at 01:34

        tidur laaaammmm

    Novan said:
    15 September 2016 at 09:21

    Keren mas Alam.. semoga kedepan bisa melanjutkan sekolah di TL ITB sesuai dengan bidang yang mas Alam ambil 😀

      alamfirdhacahya responded:
      16 September 2016 at 11:36

      wah aamiin semoga diberi yg terbaik 🙂
      terima kasih sudah mampir ke blog ya

Leave a Reply

