Semester 1 – S2 TL ITB

Posted on

Saya akan sedikit cerita mengenai hal-hal yang saya dapat dari berbagai mata kuliah di semester 1, S2 Teknik Lingkungan ITB, Jalur Teknologi dan Manajemen Lingkungan.

Saya belajar bahwa untuk meyakinkan pemerintah, masyarakat, industri, dan stakeholder lainnya mengenai suatu permasalahan lingkungan, diperlukan suatu penyajian data dalam bentuk yang baik dan benar. Suatu data tidak akan bisa memberi arti jika tidak diterjemahkan dan dianalisis dengan cara yang benar. Dan kami belajar mengenai hal tersebut di Analisis Data Lingkungan. Berbagai metode statistik dalam penyajian data, analisis data, dipelajari di mata kuliah ini.

Saya juga belajar bahwa kita tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan lingkungan seorang diri. Kita membutuhkan ahli dari berbagai bidang, ahli biologi, ahli pertanian, ahli sipil, dan ahli lainnya. Sudah tidak jamannya lagi untuk ego pada kemampuan masing-masing. Saya pelajari ini di mata kuliah Konservasi Sistem Lingkungan. Pada kuliah ini juga kita diajarkan untuk berpikir secara runut dalam menyusun rencana konservasi suatu sistem lingkungan, dari penentuan komponen lingkungan yang berpengaruh, hingga membentuk System Interrelationship Model. Pesan lain dari kuliah ini adalah, terkadang kita berpikir terlalu kompleks dan tidak teratur, padahal akan lebih mudah jika dibuat sesederhana mungkin dan berpikir secara runut.

Untuk memahami permasalahan lingkungan, tentu harus dipelajari hal yang paling mendasar. Maka dari itu, ada mata kuliah Dasar-dasar Teknik Lingkungan. Mata kuliah ini sangat mendasar, bahkan terdapat materi kimia yang mendasar di dalamnya, materi biologi, juga proses fisika. Mata kuliah ini bisa dikatakan sebagai modal awal untuk berkuliah di Teknik Lingkungan.

Di semester ini juga kami diwajibkan untuk mengambil mata kuliah prerequisite Kimia Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, dan Laboratorium Lingkungan. Kimia lingkungan mengajarkan penggunaan ilmu kimia di lingkungan. Mikrobiologi lingkungan lebih mengajarkan berbagai teknologi pengolahan lingkungan yang melibatkan mikroba. Sedangkan Laboratorium lingkungan mengajarkan berbagai metode analisis laboratorium berbagai parameter kualitas air. Prerequisite ini sebagai modal dasar dan pendukung juga dalam memahami dasar ilmu lingkungan.

Selain itu juga ada mata kuliah Penelitian Operasi. Di mata kuliah ini kita belajar untuk berpikir secara efisien. Bagaimana suatu permasalahan lingkungan dibuat dalam model matematis sederhana. Ada juga mata kuliah Matematika Lanjut, model matematis yang lebih kompleks dipelajari. Pada kelas kami yang dipelajari adalah model yang berkaitan dengan air, banjir, dan turap.

Maka jika digabung, untuk menyelesaikan suatu permasalahan lingkungan, sebagai contoh untuk melakukan konservasi suatu kawasan, akan diperlukan ahli dari berbagai bidang. Untuk menunjukkan bahwa di suatu tempat benar-benar telah terjadi pencemaran lingkungan diperlukan statistik untuk menampilkan data secara benar dan meyakinkan. Dan untuk menyelesaikan suatu problem lingkungan yang besar, dapat disederhanakan melalui model matematis.  Dan tentunya, tidak akan bisa dilakukan penyelesaian masalah lingkungan jika kita tahu dasar dari ilmu lingkungan itu sendiri.

Pola pikir yang dibentuk di semester 1:

Mengetahui dasar ilmu lingkungan -> mengetahui bagaimana menyajikan data lingkungan -> mengetahui bagaimana melihat suatu permasalahan lingkungan secara sistem -> mengetahui bagaimana membuat model untuk membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan.

***

Jika Anda ingin kuliah di S2 Teknik Lingkungan ITB, khususnya Jalur Teknologi dan Manajemen Lingkungan, kurang lebih begitulah gambaran materi kuliah di semester satu. Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Semester 1 – S2 TL ITB

    indarto matnur said:
    8 March 2016 at 06:00

    (y)

    Jejak Destinasi said:
    14 May 2016 at 13:48

    Ntap. Thanks infonya 🙂
    Lumayan nih buat alternatif. Hehe

      firdhacahyaalam responded:
      16 May 2016 at 12:37

      wah dikomen misbah 🙂
      sama-sama

    Yusit said:
    8 February 2017 at 21:18

    Assalamuaikum wr. wb. Tulisannya menarik dan sngt inspiratif.
    Klo boleh tnya tes masuk s2 tekling itb gmn yh ? Hrus perdalam di materi apa ? Kebetulan sy lintas jurusan dri ilmu kesmas

      alamfirdhacahya responded:
      9 February 2017 at 06:00

      Wa’alaikumussalam wr.wb.
      Alhamdulillah terima kasih 🙂
      Utk tesnya ada tes tertulis (pilihan ganda dan esay) ttg materi wawasan lingkungan secara umum, seperti apa itu pencemaran, polusi, bagaimana permasalahan lingkungan di Indonesia, apa bedanya sumber pencemaran, media, reseptor, jenis-jenis sumber pencemar, dsb
      Dan ada juga proses wawancara, disana ditanyakan seputar alasan memilih s2 TL, ingin tesis ttg apa, ingin memilih jalur subjurusan apa, dan juga sumber biaya kuliah dr mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s